2010-10-19

TAMAN SARI

taman dsari disebut juga istana air karena terdapat laut buatan yang di namakan segaran dan pulau buatan yang di namakan pulau kenanga di tumbuhi bunga kenanga karena di tumbuhi nbunga kenanga yang harum baunya, di lokasi ini di bangun juga gedung bertingkat dua bernama CEMETHI.
terdapat kompleks peman dia n yang terdiri dari tiga kolam. paling selatan di namakan umbul sari, khusus digunakan oleh sultan beserta permarisurinya. 
kolam terletak di tengah di sebut umbul binangun yang di pergunakan oleh para selir dan pe3rmaisuri. palinng utara di sebut umbul muncar untuk mandi putra sultan beserta para pejabat keraton.
masjid bawah tanah yang di sebut sumur gumuling adalah tempat sultan menjalankan ibadah.taman ledoksari adalah itempat sultan tidur.
tamansari di bangun oleh sultan HB I pada tahun 1758M sebagai tewmpat rekreasi jsekaligus benteng pertahanan. pembangunannya membutuhkan waktu 4 tahun,. tamansari didirikan di bekas pemandian pacethokan ya ng pernah digunakan hprabu hanyokrowati,putra panembahan senopati airnya berasal dari sumber mata air
tamansari kdi bangun hanya menggunakan batu bata dan semen tanpa beton bertulang,sayang jsekali,ia hanya berfungsi sampai 1812 M semasa sri sultan HB II. dikarenakan gempabumi dahsyat maka bangunan tersebut tidak dapat di pergunakan lagi.